PROGRAMMER

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tugas dari para Programmer itu adalah membuat sebuah Program. Namun taukah anda bahwa sebenarnya para Programmer itu tidak benar-benar membuat sebuah Program.?

YA.!!! Para Programmer sebenarnya tidak benar-benar membuat program, yang dia lakukan hanyalah mengetikkan kode-kode pada sebuah teks editor yang nantinya akan menjadi perintah kepada komputer untuk membuat sebuah program. Jadi sebenarnya komputer-lah yang membuat program, BUKAN Programmer.!!!

Hal ini disebabkan karena komputer sama sekali tidak bisa membaca / mengenal apa yang ditulis oleh programmer pada teks editor tersebut, dan hanya mengenal angka 0 & 1. Jadi pada dasarnya seorang Programmer tidak akan bisa membuat program tanpa sebuah Kompiler.

Apa itu Kompiler.? Kompiler (compiler) adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman mesin.

kode-kode yang ditulis pada teks editor tersebut adalah teks-teks perintah yang dapat dimengerti oleh sebuah kompiler yang biasa disebut denganBahasa Pemrogrman. sebagai contohnya, bahasa pemrograman C++ yang kita kenal sebanarnya hanyalah kumpulan perintah-perintah yang sudah dikenal oleh kompiler C++. hal ini memungkinkan jika sebuah kompiler dikembangkan, maka sebuah bahasa pemrograman pun akan ikut berkembang.

pada awalnya, Manusia hanya menggunakan efek alami yang ada pada sebuah benda dan kemudian menciptakan Teknologi sederhana, ketika Manusia mulai mengenal listrik dan mulai bermain-main dengan listrik, Teknologi sederhana ini kemudian menjadi sebuah Teknologi yang memanfaatkan efek listrik. dan begitu seterusnya sehingga Manusia menemukan Komputer dan mengembangkannya dengan Bahasa Mesin.
Bahasa Mesin ini sangat sulit karena hanya mengenal angka 0 & 1 sehingga aplikasi yang ada hanyalah variasi dari kedua angka tersebut. Karena Bahasa Mesin ini sangat sulit, kemudian dikembangkan sebuah aplikasi untuk merubah ketikan sederhana menjadi jadi angka 0 & 1 sehingga manusia tidak perlu bersusah-payah untuk mengetikkan kode yang super panjang akibat membuat variasi dari angka 0 & 1. Aplikasi ini disebut Assembler (Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah) dan kemudian dikenal dengan Bahasa Pemrograman Assembly.


ketika Manusia mulai makin kreatif & mulai menginginkan sebuah aplikasi yang lebih komplex, Assembly kemudian menjadi sulit karena para Programmer harus mengetik kode yang super panjang dan Programmer juga memiliki skill yang tinggi, karena Assembly masih sangat dekat dengan Bahasa Mesin.
Dengan ini, muncullah sebuah Kompiler yang dapat menyingkat kode-kode Assembly yang panjang (Bahasa Pemrograma Tingkat Tinggi) menjadi kode-kode yang lebih singkat lagi, Seperti C, C#, C++, Java, Pascal, Cobol, dll. kode-kode (Bahasa) yang dimengerti oleh Kompiler tersebut kemudian diterjemahkan ke Bahasa Assembly dan kemudian akan diterjemahkan lagi ke Bahasa Mesin, atau dari Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah langsung ke Bahasa Mesin.

jadi secara sistematis, seorang programmer hanya membuat perintah yang logis yang hanya dikenal oleh sebuah Kompiler dan kemudian diterjemahkan oleh kompiler tersebut menjadi perintah yang kemudian dapat dimengerti oleh komputer, DENGAN INI SEBUAH PROGRAM TELAH BERHASIL DIBUAT.

Setelah membaca ocehan saya di atas, kita semua tau bahwa untuk membuat sebuah Program sebenarnya sangatlah mudah.!!
Seorang Programmer saja sebenarnya tidak tidak tau cara membuat sebuah Program, namun dia tetap bisa menghasilkan sebuah Program. jadi apa bedanya dengan kita.??
Ayo guys.!! MARI MULAI MEMBUAT SEBUAH PROGRAM..!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s